Minggu, 24 Februari 2008

Kegiatan Remaja Masjid Al Mukhlisin 2007

Type your summary here

Kegiatan Remaja Mesjid Al Mukhlisin 2008

Pada Tahun 2007 Remaja Mesjid Al Mukhlisin (RISA) melaksanakan beberapa kegiatan-kegiatan yang terkait dalam dengan program-program Mesjid Al Mukhlisin, kegiatan Panitia Pembangunan Mesjid dan kegiatan Remaja Kompleks Al-Mukhlisin itu sendiri.

Pada Tahun 2007 RISA ikut berperan dalam memfasilitasi pelaksanakan tabungan qurban untuk Qurban pada Idul Adha 1428H. Walaupun terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya panitia tabungan qurban berhasil menghadirkan hewan qurban sebagai berikut :

  1. Tipe A, Hewan Qurban Sapi 2 (dua) ekor, Kelompok Tabungan 1 dan 2 @ 14 (empat belas) orang total berat 680 kg dalam keadaan hidup. Harga per kg-nya adalah Rp. 24.000.- rincian terlampir.

  1. 1 (satu) ekor hewan Qurban Sapi, tipe c @ 7 orang dengan berat 240 kg dalam keadaan masih hidup. Rincian terlampir.

  1. 7 ekor Kambing.

Acara resmi pertama RISA pada tahun 2007 adalah peringatan Maulid Nabi yang dilaksanakan pada tanggal 3 April 2007 di Mesjid Al-mukhlisin. Secara umum dapat dikatakan pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW dapat berjalan dengan lancar dan baik meskipun dengan berbagai catatan.. Dalam acara ini RISA menyebarkan undangan khusus kepada pengurus dan remaja mesjid dan musholla sekitar Gandaria Selatan. Jumlah undangan yang hadir diperkirakan sekitar 200-an dan kebanyakan adalah Remaja namun kalau dilihat dari estimasi RISA yang hadir kurang/jauh dari harapan, karena sebelum acara dimulai juga turun hujan sehingga asumsi ini bisa juga dijadikan alasan. Walaupun demikian para undangan yang datang terlihat menikmati ceramah yang dibawakan oleh Bapak Ust. Ahmad Al-Habsy.

Selain dari itu anggota RISA ikut serta memfasilitasi kegiatan-kegiatan peribadatan mesjid pada Bulan Rahmadan termasuk:


Type rest of the post here
  1. Pelaksanaan Solat Taraweh: RISA ikut memfasilitasi kegiatan Solat Taraweh pada Bulan Rahmadan 1428. Kegiatannya sendiri tiap malam terdiri dari Pembukaan oleh MC (dilaksanakan oleh anggota RISA) Sholat sunnah Teraweh, Kuliah tujuh menit (kultum), dan diakhiri dengan solat witir

  1. Perayaan Acara peringatan Nuzulul Qur’an: Perayaan Nuzulul Qur’an dilaksanakan pada tanggalan islam 17 ramadhan 1428 H atau tepatnya tanggal 28 / 9 / 2007 M. Adapun yang mengisi ceramah adalah Bpk Prof. Dr. Qomari Anwar dan jumlah jamaah yang hadir ± 150 orang. Peringatan Nuzulul Qur’an dilaksanakan setelah selesai solat teraweh dan witir, kemudian Acara dimulai dengan pembacaan sari tilawah dilanjutkan dengan pemberian tausyiah oleh Bpk Prof. Dr. Qomari Anwar.

  1. Pelaksanaan Solat Qiyamul Lail: Pelaksanaan Solat Qiyamul Lail dilaksanakan pada hari ke 21, 23, 25, 27 dan 29 bulan Rahmadan. Pelaksanaan dapat dikatakan berjalan dengan lancar walaupun ada jemaah baru yang protes dengan bacaan imam yang panjang hampir 1 juz ½ namun setelah diberikan penjelasan akhirnya jemaah tersebut akhirnya mengerti dan acara berakhir dengan sukses. Tentang masalah Imam Qiyamul lail panitia memilih Imam yang sehari-hari berkecimpung dengan Al – Qur’an dan hapal Al Qur’an minimal 30 juz. Kebetulan Panitia memilih Imam Qiyamul lail yang sama dari penyelenggaran tahun lalu.

  1. Kegiatan Sholat Idul Fitri: Kegiatan sholat Idul Fitri 1428 di ketuai oleh anggota Yayasan Al Mukhlisin dengan dibantu sepenuhnya oleh anggota Risa. Pada pelaksanaan sholat Idul Fitri ini dilaksanakan di Mesjid Al Mukhlisin dan sebagian di jalan depan Mesjid dan untuk Sholat Idul Fitri bagi jemaah wanita di tempatkan di dalam kelas-kelas lantai dasar dan kantin Sekolah (SMU) Cendrawasih. Pada pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik. Setelah selesai Sholat Idul Fitri diadakan ramah tamah antara Pengurus Yayasan, Panitia dengan Imam dan Khotib Sholat Idul Fitri di Mesjid Al Mukhlisin.

  1. Kegiatan Halal bi Halal Warga Komplek Deplu Gandaria Selatan: Pada Tanggal 25 Oktober 2007 anggota-anggota RISA ikut memfasilitasi Halal bi Halal Komplek yang merupakan Kerjasama antara YALMIC dan RW 08. Kegiatan dilaksanakan di Balai Pertemuan di Cendrawasih 4. Sebagian besar warga komplek turut menghadiri kegiatan ini. Selain dari warga komplek turut hadir pengurus kelurahan. Kegiatan berlansung dengan lancar tanpa suatu kendala.

Setelah selesainya kegiatan peribadatan Rahmadan anggota-anggota RISA mulai mempersiapkan kegiatan-kegiaatan menjelang peringatan hari raya Idul Adha. Acara-acara yang dilaksanan oleh RISA, adalah sebagai berikut:

1. Kegiatan Sholat Idul Adha: Kegiatan sholat Idul Adha 1428 di ketuai oleh anggota Yayasan Al Mukhlisin dengan dibantu sepenuhnya oleh anggota Risa. Pelaksanaan sholat Idul Adha ini dilaksanakan di Mesjid Al Mukhlisin dan sebagian jalan depan Mesjid dan bagi jemaah wanita di tempatkan di dalam lapangan basket dan kantin Sekolah (SMU) Cendrawasih. Pelaksanaan Sholat Idul Adha berjalan dengan baik. Setelah selesai Sholat Idul Adha diadakan ramah tamah antara Pengurus Yayasan, Panitia dengan Imam dan Khotib Sholat Idul Fitri di Mesjid Al Mukhlisin, yang kemudian diikuti dengan persiapan penyembelihan hewan Qurban.

2. Penyembelihan dan pembagian daging hewan qurban: Walaupun dapat dikatakan bahwa acara penyembelihan dan pembaagian daging hewan qurban berjalan relatif baik terdapat hal-hal yang perlu dievaluasi agar program ini dapat berjalan dengan lebih lancar untuk tahun-tahun kedepannya. Pemotongan dan pembagian daging hewan qurban pada har Idul Adha 1428H dapat disimpulkan sebagai berikut:

a. Tipe A, Hewan Qurban Sapi 2 (dua) ekor, Kelompok Tabungan 1 dan 2 @ 14 (empat belas) orang total berat 680 kg dalam keadaan hidup. Harga per kg-nya adalah Rp. 24.000.- rincian terlampir.

b. 1 (satu) ekor hewan Qurban Sapi, tipe c @ 7 orang dengan berat 240 kg dalam keadaan masih hidup. Rincian terlampir.

c. Dari 3 (ekor) sapi hewan tabungan Qurban seberat 920 kg sapi hidup. Prosentase perolehan daging sekitar 40 % sehingga jumlah daging qurban +/- 360 kg daging sapi utuh.

d. 1 ekor sapi titipan (numpang pemotongan) memberikan ¼ lebih daging sapi pada Panitia Qurban. Total keseluruhan mencapai 410 kg daging sapi utuh.

e. Para pequrban diberikan bagian daging sebanyak @ 2 (dua) kg daging sapi dan tambahan sesuai dengan permintaan (semisal hati / jantung / torpedo/ dll).

f. Pada tahun ini 1428 H / 2007 panitia juga mengadakan tabungan hewan qurban kambing sesuai permintaan warga / masyarakat, alhamdulillah ada 7 pekurban dari tabungan qurban kambing. Ditambah dari yang non tabungan sebanyak 23 ekor kambing sehingga jumlah kambing yang dipotong sebanyak 30 ekor kambing.

g. Semua daging hewan Qurban baik sapi maupun kambing telah panitia bagikan kepada yang berhak (mustahiq, pada tahun ini panitia menyebarkan sebagian besar kupon hewan Qurban ke warga/ masyarakat yang padat penduduk yang belum tersentuh dengan daging hewan qurban yaitu warga RW. 04 dan 05 sekitar kuburan wakaf Gandaria Selatan Jl. Mangga. Alhamdulillah mereka sangat berterima kasih kepada pequrban sehingga pada tahun ini dapat daging qurban dan mengenal Mesjid Al Mukhlisin.

Selain dari program-program diatas RISA juga melaksanakan acara intern seperti hiking, pengajaran bahasa Arab, Inggris dan German. Tetapi karena kurangnya minat para anggota khususnya bagi program pengajaran bahasa asing (terrefleksi dari minimnya peserta dan pengajar) maka kegiatan-kegiatan tersebut setelah sekian lama dihapuskan.

Untuk data lengkap dan informasi detail dari masing-masing kegiatan harap merujuk pada laporan pertanggung jawaban masing-masing kegiatan

Demikian laporan pertanggung jawaban kegiatan RISA untuk tahun 2008, kami mngaharap bahwa RISA dengan dukungan dari YALMIC dapat meningkatkan eksistensi dan peran remaja dalam program-program masa depan. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassallam

1 komentar:

Unknown mengatakan...

tahun 2011 ne kegiatan ny qk gak d afload